Evaluasi alternatif merupakan suatu proses
dimana suatu alternatif pilihan dievaluasi dan dipilih oleh konsumen. Pada
tahap evaluasi konsumen harus:
1.
Menentukan kriteria yang akan digunakan untuk menilai
alternatif,
2.
Memutuskan alternatif mana yang akan dipertimbangkan,
3.
Menilai kinerja dan alternatif yang dipertimbangkan dan
4.
Memilih dan menerapkan kaidah keputusan untuk membuat pilihan
akhir.
Philip kotler mengemukakan, “Konsumen
mempelajari merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya. Informasi ini digunakan
untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam menentukan keputusan
pembeliannya”(1998:170).
Menurut Sutisna, “Setidak-tidaknya ada dua kriteria evaluasi alternatif. Pertama adalah manfaat yang diperoleh dengan membeli produk. Kedua, kepuasan yang diharapkan”(2001:22).
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, ketika berbagai alternatif telah diperoleh, konsumen melakukan evaluasi alternatif. Evaluasi altenatif tersebut, dalam keberadaanya ditentukan oleh keterlibatan konsumen dengan produk yang akan dibelinya.
Menurut Sutisna, “Setidak-tidaknya ada dua kriteria evaluasi alternatif. Pertama adalah manfaat yang diperoleh dengan membeli produk. Kedua, kepuasan yang diharapkan”(2001:22).
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, ketika berbagai alternatif telah diperoleh, konsumen melakukan evaluasi alternatif. Evaluasi altenatif tersebut, dalam keberadaanya ditentukan oleh keterlibatan konsumen dengan produk yang akan dibelinya.
Alternatif membeli atau tidak membeli produk
(merk) tertentu, dipengaruhi oleh pertimbangan atribut produk. Yaitu meliputi:
manfaat, kepentingan, image, dan fungsi yang diharapkan. Pertimbangan tersebut
seringkali diperbandingan antara manfaat yang akan diperoleh dengan biaya yang
akan dikeluarkan untuk memperoleh atau setelah membeli barang tersebut.
Mempertimbangkan untuk membeli mobil kedua adalah pilihan antara keleluasaan
pemakaian dan tambahan investasi maupun biaya perawatan.
Kriteria yang digunakan
konsumen selama pengambilan keputusan akan tergantung pada beberapa faktor,
diantaranya:
1.
Pengaruh situasi,
2.
Kesamaan alternatif-alternatif pilihan,
3.
Motivasi,
4.
Keterlibatan,
5.
Pengetahuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar